4 Hal yang Harus Dipelajari Siswa di Sekolah

Upacara pengibaran bendera dilaksanakan dengan penuh khidmat di halaman SMP Muhammadiyah Darul Arqom pada Senin (22/1) pagi. Pada upacara kali ini kelas IX B bertindak sebagai petugas upacara.

Miss Sinta yang merupakan guru Bahasa Inggris bertugas sebagai pembina upacara. Beliau menyampaikan bahwa seorang siswa dalam menuntut ilmu harus mempelajari 4 hal. Yang pertama adalah agama.

Agama menjadi pondasi siswa dalam mempelajari semua materi pembelajaran. Maka siswa SMP Muhammadiyah Darul Arqom seharusnya merasa sangat beruntung karena tidak hanya mendapatkan pengetahuan agama melalui pembelajaran di dalam kelas. Siswa SMP Muhammadiyah Darul Arqom juga mendapatkan pengetahuan agama melalui berbagai kebiasaan baik yang diterapkan di sekolah ini.

Kebiasaan baik tersebut seperti pembiasaan sholat Dhuha dan pembacaan Al ma’tsurat, kultum baik oleh siswa maupun bapak ibu guru, sholat dhuhur dan Jumat secara berjamaah, dan berbagai kebiasaan baik lainnya.

Hal kedua yang harus dipelajari siswa adalah adab. Sudah familiar di telinga kita bahwa adab harus dipelajari sebelum ilmu. Ilmu yang dipelajari akan menjadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan adab yang mulia. Di sekolah ini siswa juga tak kurang-kurang dalam memperoleh pendidikan adab. Miss Sinta melanjutkan hal ketiga yang dipelajari siswa adalah ilmu umum.

Ilmu umum menjadi sangat penting sebagai sarana kita hidup di dunia karena untuk mencapai apapun membutuhkan ilmu. Hal terakhir yang dipelajari siswa adalah bersosial. Sekolah juga mengajarkan siswa cara bersosialisasi. Bagaimana kita menghargai teman-teman kita, bagaimana cara kita mengemukakan pendapat, dan bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain.

Jika keempat hal tersebut bisa dipelajari siswa dengan baik maka siswa akan lebih mudah dalam mengikuti kegiatan di sekolah.

Upacara bendera pada pagi ini ditutup dengan penyampaian beberapa informasi terkait kegiatan siswa yang disampaikan oleh bagian kesiswaan.